September 2nd, 2006
By phery Posted in Cerita Singkat

Catatan Ringan Perjalanan di Bali (tiga)

Bali, The Most Beautiful Island in Indonesia (26 Agustus 2006)

munyukKarena capek karena aktifitas hari pertama, kita terpaksa baru keluar dari kost pas Sabtu (26/8) jam 11an buat nerusin mengeksplor habis-habisan Bali. Dengan dijemput dua temennya mbak Riny, yang satu mas Woko en satunya lupa aku kita melalui jalanan melintasi seluruh pulau Bali. Tempat yang kita datengin lebih dulu adalah di Monkey Forest.

monkey forestDi situ ada pura yang berada di dalam hutan yang isinya monyet-monyet semua. Meskipun kayaknya jinak, tapi monyet-monyet yang di sini asli liar-liar semua loh. Makanya kami bawa pisang yang dibeli dari bapak-bapak yang jualan di depan pintu gerbang. Bahkan, aku sempat mberaniin buat ngasih makan monyet itu loh sampe pisang-pisang yang masih banyak tak lempar ke mereka soalnya aku dikejar. wakwkakwak wedi tenan ndesss!!

pura tirta empulDi sana cuman bentar aja sih, soalnya selain udaranya dingin banged kita juga masih banyak ke tempat-tempat wisata lainnya. Dengan berat hati si ogik ninggalin deh sodara-sodaranya. Kami sebenarnya menuju ke Istana Tampak Siring, tapi karena waktu itu hari Sabtu dan ternyata pekerjanya tidak libur ya akhirnya dibatalin, sebagai gantinya kita ke Pura Tirta Empul yang selain tempat ibadah umat Hindu juga merupakan tempat pemandian karena di sana ada sumber airnya. Kami sempat juga make baju adat Hindu, Kamen. Wagu tenan pacakane kui. hehehhe.

kintamaniSetelah puas di Pura Tirta Empul, mbak Riny ngajak kita ke Kintamani. Ternyata emang bener lagunya ShaggyDog yang judulnya anjing kintamani, di sana banyak banged anjingnya. Wuih. Sekalian aja deh di sana sama makan siang, Bakso Arema Malang. Di sana cuman bentar aja ngeliat2 pemandangan Gunung Batur sama Danaunya yang sensasional. Dinggiiiiiin banged soalnya, jadi kita nerusin lagi ke pura terbesar di Indonesia,Pura Besakih.

pura besakihKarena capeknya perjalanan menuju ke sana yang seperti naek-naek ke puncak gunung, en emang Pura Besakih tuh berada di kaki Gunung Agung, yang ikutan jalan-jalan ke pura cuman aku, wawan, sama ogik, si Herlin sama lopes cuman nganterin bentar thok. Di sana kita ngeliat orang-orang yang banyak banged lagi ibadah. Kebetulan hari itu pas waktunya ibadah agung bagi umat Hindu.

klungkungPuas jalan-jalan keliling Pura kita langsung meluncur pulang soalnya hari udah sore banged. di Perjalanan kita semped berhenti di depan patung Catur Muka yang merupakan simbol Bali di daerah Klungkung. Dan sebelum sore kita makan dulu di warung sunda di pantai apa namanya itu lupa. Udah itu pulang instirahat en mandi soalnya malemnya mo diajakin belanja buat oleh-oleh temen/sodara yang nitipin kita sebelom berangkat.

erlanggaWaktu belanja, kita seperti sophaholic, apa-apa yang ada diliatin en kalo cocok langsung ambil. Itu terbukti pada ogik dan wawan yang emang dapet titipan banyak, Herlin juga deng. Kita waktu itu belanjanya di Erlangga. Meski mahal-mahal, aku semped juga sih beli celana pendek, kembaran sama si ogik. Puaaaasss deh hari ini.

Nah, kita lanjutin deh cerita besok hari yaaa…….ada foto-foto waktu maen kano di sanur loh.

September 1st, 2006
By phery Posted in Cerita Singkat

Catatan Ringan Perjalanan di Bali (dua)

Kuta Beach, Daya Tarik Bali (Jumat, 25 Agustus 2006)

legianNgelanjutin cerita kemarin, kita melakukan ibadah solat jumat di masjid deket kantornya mbak Riny dianter sama mas Wawa en Herlin terpaksa ditinggal sendirian di kost, soalnya mbak Riny juga kudu ngerampungin kerjaannya (gajian ketok e). Udah solat, kita balik lagi ke kost en nunggu pulangnya mbak Riny sekitar jam 4an sambil ngobrol-ngobrol.

Pas sekitar jam 4an WITA mbak Riny nyampe di kost kita langsung diajakin maen. Langsung aja deh aku ngajak ke Kuta, karena emang udah pengen banged ke sana. Ya udah deh kita siap-siap ke Kuta naek motor pinjeman temennya mbak Riny (preman tenan), sampe helem di kantornya juga diambilin semua.

hardrock cafeDi perjalanan kita ngelewatin Legian yang masih terngiang di pikiran kami kalo tempat itu merupakan tempat adanya Tragedi Bom Bali pada 12 Oktober 2004 lalu. Kami sempat istirahat sebentar buat ngeliatin monumen yang kini lagi dibangun itu. Di sana ternyata ada nama-nama korban keganasan bom dari teroris yang kejam itu. Hiks, sempad merinding juga sih. Kita juga sempad foto-foto loh di monumen itu (lihat deh fotonya).

maen airUdah puas liat-liat langsung deh kita menjejakkan kaki menuju ke Pantai Kuta yang tinggal sejengkal lagi. Ets, pas parkir si ogik ngajakin foto-foto di depan papan surfing gede miliknya Hard Rock Cafe. Mungkin biar kita punya oleh-oleh pernah hadir di situ kali ya. Ya udah deh, kita gantian foto sendiri-sendiri. Langsung itu tanpa basa-basi lagi langsung deh lari ke pantai sambil teriakin gaya khas sebelah…..lauuuuuuuuuuuuuuuuuuuutttttttttttttttt

berselancarBerenang di laut emang nyenengin apalagi kalo lautnya itu di Kuta, wuih asik banged. Waktu lagi renang kami ngeliat ada anak kecil maenan papan seluncur buat yang lagi belajar. Jadi ngiri deh pengen pinjem juga. AKhirnya, dengan hati yang tekad dan niat yang bulat pinjem deh empat buah, lumayan murah loh, 50 ribu semuanya. Setelah diterangin sama masnya kita langsung byuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrr……. sampe waktu sunset.

monumenPas malamnya, mbak Riny ngajakin kita jalan-jalan keliling Denpasar. Si Ogik yang udah janjian sama temennya gak ikutan. Si Wawan kasihan deh cuman sendirian. hehehehe. Waktu muter-muter itu kita diajakin sama mbak Riny ke Monumen Perjuangan Rakyat ali. Tapi karena malem jadi monumennya udah tutup akhirnya kita batalin deh maen ke situnya. Sebagai gantinya diajakin lagi muter ke Pantai Kuta.

hardrock malamBusyet!! Di sana jam segini pas rame-ramenya. Akhirnya karena pantai gak boleh buat maenan, soalnya ada pengumuman dari penjaga pantai kalo air laut pasang ya kita cuman foto2 lagi deh di depan papan hardrock cafe. Udah itu kita makan malam di Warung Lamongan…..hiks adoh-adoh neng bali ketemune wong Jowo meneh. Udah kenyang en udah capek banged akhirnya kita pulang ke kost buat istirahat.

makan malamNah, tuh hari pertama di Denpasar. Baru nyampe langsung renang en diajakin muter-muter. Makasih ya mbak Riny di hari ini. Kamu emang kakak yang baek banged. Besok kita lanjutin perjalanan di hari kedua kami di Bali.

August 31st, 2006
By phery Posted in Cerita Singkat

Catatan Ringan Perjalanan di Bali (satu)

Perjalanan Jogja-Denpasar (Kamis, 24 Agustus 2006)

menunggu bisSebenernya udah hari-hari yang lalu pengen cerita tentang perjalananku sama temen-temen ke Pulau paling fantastis di Indonesia, BALI. Tapi karena suatu hal dan belum pulihnya stamina yang terkuras, akhirnya baru sekarang deh bisa nulisnya. Untuk hari ini aku ceritain dulu perjalanan dari Jogja sampai Denpasar aja deh yaaaa……

Hari itu Kamis (24/8) jam 13:30 saya bareng Herlin,Ogik, en Wawan udah siap menuju ke tempat ngumpulnya di tiketing Safari Dharma Raya di perempatan Tugu. Di sana kita ketemuan sama Lopes yang ternyata sempad salah tempat, dikiranya kumpul di Janti (kebiasaan banged). Dari Tugu kita diantar pake mobil ke Terminal Jombor karena emang busnya berangkat dari sana.

siap berangkatSetelah lama banged nunggu akhirnya jam 15:30 kita berangkat dari Jombor menuju ke pulau impian kita, Bali. Selama di perjalanan itu kita lewatkan waktu untuk ngobrol dikit2 en sambil nunggu waktu mengantuk karena waktu untuk berhenti makan malam masih jam 8 malam. Ya udah deh, kita tiduran sampe jam 8nan lebih bis diberhentiin bapak sopir di RM Duta di daerah Ngawi. Di sana kita sempad maem, karena emang udah dapet jatah dari bisnya.

makan malamUdah puas maem bis berangkat lagi untuk ngelanjutin petualangan kita ke negeri seberang (maksude pulau seberang). Karena udah terlalu kenyang kita ungkapin perasaan kenyang itu dengan tidur panjang sampe akhirnya bis berhenti lagi di pelabuhan Banyuwangi buat persiapan nyeberang pake kapal Ferry (bukan kapalnya Ferry loh).

Tak ingin ketinggalan, kita turun dari bis dan naek ke anjungan kapal buat nikmati pemandangan. Soalnya, selain itu si Wawan emang blom pernah naek kapal en blom pernah ke Bali juga, ya jadinya temen-temen berbesar hati nganterin dia naek ke anjungan kapal. Di sana gak sampe 1 jam kita udah nyampe ke pulau yang terkenal sampai ke seluruh penjuru dunia, yaitu PULAU BALI.

di kapalSetelah turun dari kapal gak taunya ternyata sekarang di depan pelabuhan Gilimanuk tiap orang diperiksa identitasnya sama petugas, mungkin untuk menanggulangi kembali bom yang sempat ngeledakin Legian dulu ya. Edyan, ternyata si ogik ndak bawa KTP. Ya udah, akhirnya dia tetep di bis en kita berempat (ferry,herlin,wawan,lopes) yang turun buat diperiksa bapak petugasnya. Dan ternyata amaaaaaaaaaaannnnnn……….!!

Udah itu berangkat lagi deh bisnya buat menuju pemberhentian terakhir di Terminal Ubung Denpasar yang ternyata makan waktu sampe 3 jam. Buat tak pastiin aku sms ke mbak riny yang nantinya bakal menampung kita, ternyata beneran 3 jam. akhirnya kami bersepakat untuk tiduran lagi sambil sesekali bangun ngeliat pemandangan pantai yang kami lewati di jalanan.

tidurSetelah perjalanan kurang lebih tiga jam itu sampailah kita di Denpasar dengan dijemput mbak Riny. Kita diajak ke kost-nya di daerah Monang-Maning kalo gak salah. ferry, wawan, lopes, ogik ke sananya naek taksi, en si Herlin diboncengin Supra Fit-nya mbak riny yang masih baruuuuuu looooohhh. Sampai di kost kita tidur lagi sampe waktunya solat Jumat, yang dijemput sama temennya mbak Riny, mas Wawa (makasih ya pinjeman motornya).

Itulah catatan ringan selama kita di perjalanan. Untuk petualangan kita di hari pertama dilanjutin besok ya. Masih banyak banged sih soalnya yang mo diceritain. Besok akan saya ceritain tentang petualangan kita di Pantai Kuta yang semakin hari semakin WOW!!

August 24th, 2006
By phery Posted in Refreshing

Mengenal Obyek Wisata Bali (Tiga)

GOA GAJAH

goa gajahDisini dulu tempatnya kaum Brahmana mangadakan Tapa Berata, bilamana anda masuk ke dalam gua. di kiri kanan dan di Ujung dalam gua, anda akan melihat tempat strategis spt tempat untuk mengadakan yoga semadi. Di luar are Goa terdapat patung Ganeca dan permandian penduduk desa yang masih digunakan sampai sekarang.

GOA LAWAH

goa lawahKalo anda ingin melihat kelelawar dari dekat silahkan datang ke Goa Lawah yang terletak di Kabupaten Karangasem, sebelum anda masuk ke areal pura anda harus menggunakan pakaian yang rapi, tidak boleh menggunakan celana pendek. Disini hidup ribuan kelelawar dan anehnya bila anda melongok ke dalam atau bila anda melihat dengan zoom kamera anda, anda akan menyaksikan keajaiban di dalamnya. Hidup hanya 1 ekor kelelawar warna putih dan 1 ekor ayam hitam, 1 ekor bebek putih yang konon merupakan “Duwe” (Penjaga) dari Pura itu. Orang yang pernah masuk ke Goa Lawah (memiliki ilmu kebatinan tinggi) memberikan kesaksian disamping ribuan kelelawar yang bertengger, bergelantungan di mulut gua ada juga puluhan ular berbisa di dalamnya. Aneh sekali sedangkan binatang yang di dalamnya bisa hidup berdamopingan tanpa di mangsa satu sama lainnya.

PURA TANAH LOT

tanah lotBilamana anda ingin menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di ufuk Barat datanglah ke Pura Tanah Lot, disamping anda bisa menyaksikan pura yang berdiri di atas karang di tengah laut di sana juga anda bisa memandang lautan samudra dari Ketinggian dan menikmati matahari terbenam di Barat. Di pura ini juga di jaga oleh 2 “Duwe” yakni ular berwarna hitam dan putih yang tiap hari kelihatan didampingi oleh pemangkunya (orang suci pengemong pura)

PURA TAMAN AYUN
taman ayunTaman yang Ayu atau indah. Pura Taman Ayun adalah pura yang didirikan oleh Raja Mengwi pada saat Bali masih mengenal kerajaan. Pura ini dikelilingi oleh kolam yang luas, yang dulunya di pake untuk mengelilingi pura oleh dayang-dayang Puri Kerajaan Mengwi denga perahu kecil. Tapi sekarang dipakai untuk kolam mancing. Di dalam area Pura, ada “wantilan” (tempat pertemuan atau pertunjukan) disetiap Odalan atau upacara tempat ini sipake sebagai ajang adu ayam “Tajen” atau Tabuh Rah. Penduduk sekitar Mengwi akan datang berbondong-bondong datang dengan aduannya. Masuk ke dalam lagi melewati 1 pintu utama dan 2 pintu samping kiri dan kanan anda akan melewati titi yang dibawahnya ada kolam kecil lagi, dan deretan pura yang bermeru (tumpang) 7. Tempat ini biasanya dipakai oleh wisatawan asing untuk makan malam utk tamu insentive dengan setting atau latar belakang gapura yang munjulang tinggi.

SANGEH
sangehDi Bali banyak akan anda jumpai monyet atau kera-kera penjaga pura menandakan bahwa tempat itu ada Betaranya. Spt Sangeh puluhan monyet hidup di sekitar hutan Pura. Anda pun bisa memberi makan monyet-monyet ini, ,tapi hati-hati yang membawa perhiasan giwang, kacamata, atau pernak-pernik lainnya kalau bisa dilepas atau disembunyikan di tempat yang aman kalo anda lengah Monyet ini akan datang ke arah anda dan dengan cepatnya tangan-tangan monyet ini akan mengambil barang anda tanpa bisa berbuat apa.

BEDUGUL & DANAU BERATAN

bedugulBagi anda yang suka pegunungan, Bedugul adalah salah satu tempat yang menjadi pilihan. Anda bisa mampir ke kebun raya, istirahat dan membuka bekal anda, ada banyak tanaman Anggrek yang dipelihara di sini dan ada pula tanaman langka lainnya spt Bunga Bangkai yang hanya dijumpai di pulau Bangka, bisa anda temukan di Kebun Raya dan ribuan hutan belantara yang dilindungi oleh pemerintah. Atau anda mampir di pasar buah dan sayur, ataupun menikmati danau Beratan sambil menyantap Jagung rebus.

August 23rd, 2006
By phery Posted in Refreshing

Mengenal Obyek Wisata Bali (Dua)

GARUDA WISNU KENCANA (GWK)

gwkProyek milyaran rupiah ini anda bisa jumpai di daerah Ungasan, di atas Jimbaran. Patung Garuda Kencana dibuat oleh seniman asli Bali Nyoman Nuarta. Dengan membawa misi menjadikan patung Garuda Kencana merupakan salah satu keajaiban dunia yang ke 8 dan ke 2 di Indonesia. Pergelaran atau pertunjukan yang bisa anda saksikan di sini seperti Tari Kecak.

PURA LUHUR ULUWATU

uluwatuPura ini berdiri di ujungkarang paling selatan pulau Bali. Pemandangan Indah, anda bisa menikmati samudra lautan dan juga sunset dari ujung tebing, tapi ingat monyetnya sangat nakal disini.

BATUBULAN

batubulanBatubulan terkenal karena pertujukan Barongnya, bilamanda anda belum pernah menyaksikan secara langsung tarian ini. datanglah ke salah satu pementasan Tari Barong di daerah  Batubulan ini ada lebih dari 5 tempat pementasan Tari Barong ini, jam pertujukan mulai jam 09.00

PASAR SENI SUKAWATI
sukawatipasar tradisional ini terletak di Kabupaten Gianyar dan sangat terkenal di Bali maupun luar Bali, karena anda bisa menawar harga barang yang anda inginkan. Barang-barang yang diperdagangkan di pasar sukawati spt; baju kemeja, T-shirt, sarong pantai yang disablon dengan ukiran atau gambaran seni dari Bali, lukisan dan barang kerajinan tangan lainnya. Bila musim rame di bulan libur sekolah bus-bus wisata luar Bali banyak parkir disepanjang jalan Pasar Sukawati. Di musim rame ini tentu barang yang dijual disana tidak akan murah  lagi tapi atraksi menawar di Indonesia sangat mengasikkan.

UBUD

ubudobyek wisata yang sangat terkenal dengan daerah seninya, kalo anda ingin belajar menari, melukis, mematung kayu atau batu, atau sekedar menikmati alam yang asri dipinggir sungai Ayung sambil melihat ke bawah sungai, para wisatawan bermain arung jeram, datanglah ke Ubud. Tidak salah Ubud adalah primadona Kabupaten Gianyar karena memberikan kontribusi besar ke kantor daerahnya.

KINTAMANI

kintamaniObyek wisata dengan pemandangaan yang indah, danau Batur di Penelokan dan pemandangan gunung Batur. Toris asing dari berbagai negara datang dan makan siang di daerah Kintamani ini. Bagi anda yang datang ke Bali harus menyempatkan diri datang ke Kintamani atau Penelokan, foto bersama bersama keluarga atau pacar anda tercinta. Tapi sebelum anda mengambil poto singkirkanlah pedagang-pedagang acung yang juga berseliweran di samping anda sambil mengacung-acungkan dagangannya.

PURA BESAKIH

pura besakihPura terbesar di Bali. Semua umat hindu di Bali ataupun luar Bali datang ke Pura ini, untuk bersembahyang untuk pemujaan Dewa Brahma Wisnu Siwa, (Dewa pencipta, pemelihara dan Dewa Pelebur) Di Pura ini berderet pura-pura utk persembahyangan bagi umat Hindu yang memiliki atau keturunan dari arya-arya jaman dulu, spt; Arya Kenceng, Arya Pande, dll. Juga merupakan peninggalan nenek moyang tertua di Bali.

Page 42 of 47« First...102030...4041424344...Last »